Tips Membeli Tiket Kereta Api

Salah satu moda transportasi favorit masyarakat dalam berlibur adalah kereta api. Biaya perjalanan yang relatif murah dan terjangkau untuk hampir semua kalangan menjadi salah satu pertimbangan utama masyarakat dalam memilih kereta api sebagai transportasi perjalanan liburan mereka.

Apabila dibandingkan dengan harga tiket pesawat, harga tiket kereta api relatif lebih stabil dan tidak mengalami kenaikan yang tinggi pada musim puncak liburan sekalipun. Pertimbangan akan kenyamanan dan keleluasaan dalam perjalanan juga menjadi alasan mengapa kereta api menjadi pilihan masyarakat dalam melakukan perjalanan liburan. PT Kereta Api Indonesia (KAI) telah banyak meningkatkan fasilitas transportasi mereka untuk menunjang kenyamanan penumpang, seperti pemasangan penyejuk ruangan dan menyediakan toilet bersih pada setiap gerbong.

 

Apabila anda lapar, anda dapat memesan makanan dan minuman kepada prami atau langsung mendatangi gerbong restorasi. Anda juga dapat menyewa bantal untuk kenyamanan tidur anda selama perjalanan. Apabila dibandingkan dengan moda transportasi darat lainnya, seperti bus, travel dan mobil pribadi, kereta api memiliki waktu tempuh yang lebih cepat karena hanya berhenti pada beberapa stasiun tertentu dan terhindar dari macet.

5 Kelas Kereta Api

Sebelum melakukan pembelian tiket kereta api, alangkah baiknya anda mengenal jenis kelas kereta api dan harga yang ditawarkan oleh PT KAI, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Kelas Ekonomi

Kelas ekonomi menjadi salah satu primadona masyarakat dikarenakan harganya yang sangat terjangkau. Walaupun dibandrol dengan harga yang murah, namun fasilitas yang dimiliki oleh kelas ekonomi ini bukan abal-abal. Kereta ini memiliki gerbong yang lebih banyak dan dapat menampung lebih dari seratus penumpang setiap gerbongnya. Setiap gerbong sudah dilengkapi dengan pendingin ruangan dan stop kontak sehingga anda dapat mengisi ulang baterai handphone maupun laptop. Kursi yang disediakan berhadapan satu sama lain dan memiliki busa walaupun tidak terlalu tebal. Kereta api kelas ekonomi bisa anda dapatkan mulai dari Rp 50.000,-.

2, Kelas Bisnis

Kereta kelas bisnis memiliki kapasitas kursi penumpang yang lebih sedikit di setiap gerbongnya dibandingkan dengan kelas ekonomi, yakni hanya menampung ±60 penumpang saja. Fasilitas yang didapatkan hampir sama dengan kelas ekonomi, yakni memiliki pendingin ruangan, stopkontak dan toilet bersih. Hal yang membedakan antara kelas bisnis dan ekonomi adalah kelas bisnis memiliki ruang dan kursi yang lebih besar juga empuk, dimana setiap kursi disediakan terpisah untuk satu individu dalam susunan dua baris, tidak tersambung dan menghadap pada satu arah. Anda dapat mendapatkan kereta kelas bisnis mulai dari harga Rp 60.000,-.

3. Kelas Eksekutif

Kereta api kelas eksekutif tampak hampir sama dan memiliki fasilitas yang sama dengan kelas bisnis. Kelebihan kelas ini diantaranya adalah dilengkapi dengan bantal, selimut dan satu televisi setiap gerbongnya. Ruang dan kursi yang disediakan lebih nyaman dan empuk. Dalam satu gerbong dapat menampung 50 penumpang. Kelas ini bisa didapatkan mulai dari harga Rp 100.000,-.

4. Kelas Prioritas

Kereta api kelas prioritas memiliki fasilitas yang lebih unggul daripada tiga kelas sebelumnya. Kelas ini memiliki fasilitas televisi kecil (Audio Video on Demand) pada masing-masing kursi. Makanan yang dapat dipesan pun ala carte. Desain gerbong dari kereta ini lebih mewah dan memiliki ruang yang luas, dimana satu gerbong hanya menampung 28 penumpang. Setiap kursi memiliki tumpuan kaki, bantal, selimut dan kursi dapat dimiringkan ke belakang sehingga membuat perjalanan anda semakin nyaman. Harga dari kelas prioritas dimulai dari Rp 500.000,-.

5. Kelas Sleeper Train

Kelas sleeper train merupakan kelas kereta paling mewah berkapasitas 18 penumpang setiap gerbongnya. Posisi kursi menyerupai kursi kelas bisnis pada pesawat dan dilengkapi sekat, bantal dan selimut, sandaran kaki. Kursi pun dapat anda miringkan hingga posisi 170 derajat. Fasilitas mewah lainnya yang didapatkan antara lainnya televisi kecil berlayar sentuh, earphone, stop kontak, cermin, tempat sampah kecil, dan tempat cup holder. Anda juga diberikan dua kali makan, minuman dan snack untuk menemani perjalanan. Kelas ini bisa anda dapatkan mulai dari harga Rp 900.000,-

Cara Pemesanan Tiket Kereta Api

Pemesanan tiket kereta api dapat anda lakukan mulai dari H-90 sebelum keberangkatan. Secara umum, terdapat 2 cara untuk melakukan pemesanan tiket kereta api yang dapat anda lakukan, yaitu:

1. Pemesanan secara langsung melalui loket.

Pemesanan ini dapat anda lakukan dengan mengunjungi loket yang disediakan di beberapa stasiun yang ditentukan. Anda tinggal mengisi formulir terkait stasiun keberangkatan, stasiun tujuan, waktu keberangkatan dan data diri penumpang yang sudah disediakan. Selanjutnya silahkan mengantri untuk pembayaran di loket. Setelah melakukan pembayaran anda akan mendapatkan boarding pass untuk proses check in.

2. Pemesanan dengan sistem online.

Pemesanan tiket kereta api online secara resmi anda dapat lakukan melalui reservasi internet KAI.ID maupun melalui aplikasi KAI Acces pada handphone anda. Dalam hal ini, anda hanya perlu memilih stasiun keberangkatan, stasiun tujuan, tanggal keberangkatan dan data diri penumpang. Selanjutnya anda akan mendapatkan kode pembayaran untuk proses pembayaran melalui chanel pembayaran seperti ATM, Minimarket, dan Payment Point. Setelah itu, anda akan mendapatkan bukti transaksi berupa struk, email atau sms notifikasi yang berisi kode booking, data diri dan data perjalanan penumpang. Bukti transaksi ini pada akhirnya akan ditukarkan menjadi Boarding Pass pada saat check in.

 

Selain melakukan pemesanan melalui situs resmi PT KAI, anda juga dapat melakukan pemesanan melalui website atau mobile apps yang menyediakan tiket kereta api, seperti Blibli.com, Bukalapak, Padiciti, Pegipegi.com, Tiket.com, dan Tokopedia. Alur pemesanannya hampir sama dengan alur pemesanan melalui situs resmi.

Perubahan dan Pembatalan Perjalanan

Pembatalan tiket perjalanan dilayani di loket stasiun tertentu selambat-lambatnya 30 menit sebelum jadwal keberangkatan kereta api. Sedangkan untuk perubahan jadwal dilayani di loket stasiun tertentu selambat-lambatnya 30 menit sebelum jadwal keberangkatan kereta api. Dalam hal ini pemohon pembatalan merupakan penumpang yang bersangkutan dengan menunjukkan bukti identitas asli dan fotokopi sesuai data yang tercantum dalam boarding pass.

 

Apabila pemohon bukan penumpang bersangkutan maka wajib melampirkan surat kuasa bermaterai disertai fotokopi bukti identitas penumpang bersangkutan. Pemohon akan mengisi formulir perubahan atau pembatalan perjalanan, dan akan dikenakan biaya pembatalan atau perubahan sebesar 25% dari tarif kereta api.

Tips Berburu Promo Tiket Kereta Api

Biasanya promo tiket kereta api banyak diadakan menjelang event-event besar, seperti promo akhir tahun, promo libur Hari Raya, maupun promo liburan sekolah. Promo yang diberikan dapat berupa potongan harga maupun cashback. Dalam berburu promo tiket kereta api, hal yang perlu anda perhatikan adalah jangan lupa untuk mencari harga tiket dari berbagai provider dan membandingkannya. Jangan terburu-buru untuk membeli promo tiket perjalanan karena terkadang anda akan menemukan promo yang menawarkan harga miring.

 

Perhatikan dan pahami syarat dan ketentuan yang berlaku pada promo yang ditawarkan, seperti sampai kapan periode promo yang diselenggarakan, untuk periode kapan tiket yang diberikan, maksimal pembelian tiket promo, dan sebagainya. Jangan sampai anda keliru dalam mengartikan promo yang diberikan sehingga anda mengalami kerugian. Pastikan juga validitas promo yang diselenggarakan karena tidak sedikit promo tersebut berupa penipuan.

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *